Thursday, May 28, 2009

Belajar Menulis

Gimana ya cara menulis yang baik di internet..??

Tapi sebelumnya… saya mau nanya dulu, maksudnya menulis yang BAIK itu apa? Bagaimana anda memandang tulisan itu baik atau nggak? Bisa saja kita berseberangan bukan? karena apa yang baik buat saya belum tentu baik buat anda.. Oleh karena itu, saya akan berikan definisi menulis yang baik buat saya:

Buat saya, menulis yang baik adalah bukan hanya sekedar menulis, namun bisa mempertahankan perhatian pembaca dan ujung-ujungnya bisa MENJUAL. Yah, ini penting terutama karena saya dan mungkin juga anda adalah seorang yang berbisnis di internet… dan tentu saja tugas kita adalah menjual.

Dan sebenarnya tulisan apa saja yang baik paling tidak harus mempunyai kemampuan untuk membuat pembacanya lengket, senang, asyik bahkan terhipnotis bukan? Nah… ini ada beberapa tipsnya.

1. Mulailah menulis… buat kebiasaan menulis.
    Jadi tugas pertama, biasakan, jadikan kebiasaan… cari sebuah bolpen yang bagus, kertas, dan menulislah.  Bahkan seandainya anda tidak tahu apa yang harus anda tulis. Tulis saja! :)

2. Banyaklah membaca. Baca apa saja.

3. Belajar menceritakan apa yang anda baca kepada pembaca anda.
Nah setelah anda membaca, coba ceritakan. Jangan cuma dinikmati sendiri, berbagilah. Ketika anda sharing maka apa yang anda baca akan semakin nempel. Dengan membiasakan berbagi lewat tulisan… percayalah… kemampuan menulis anda akan semakin meningkat.

4. Baca buku tentang tehnik menulis yang baik.

Menjadi bisa menulis dengan baik tidak terjadi kebetulan. Betul memang anda perlu berlatih, namun seandainya anda mempunyai guru yang hebat… dan tehnik yang hebat… maka latihan anda akan menjadi semakin bermakna. Jadi sebelum berlatih carilah buku-buku tehnik menulis yang bagus. Misalnya: Hypnotic Writing oleh Dr Joe Vitale.

Menurut saya itu buku bacaan wajib bagi setiap orang yang ingin belajar menulis yang memukau.

Dan terakhir:

5. Baca ulang… tulis ulang, bahkan tulis kata per kata tulisan-tulisan yang bagus menurut anda.

Jika anda lakukan ini… saya yakin anda bisa menjadi penulis yang hebat. Dengan belajar dari penulis yang hebat anda akan menjadi penulis hebat. Dengan meniru penulis celelekan anda akan ikut celelekan.
Akhirnya… saya yakin anda bisa menjadi penulis yang baik.

Selamat menulis

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Bisnis

free counters