Thursday, May 28, 2009

Tehknik Menulis Online Yang Baik

Baik menulis email, maupun menulis di website/blog maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar tulisan kita menjadi menarik dan dibaca sampai habis oleh pengunjung ataupun orang yang kita ajak berkomunikasi, berikut adalah sebagian dari tipsnya:

1. Pastikan banyak menggunakan kata ” Anda “

Karena orang dua kali lebih senang jika kita bercerita tentang dia dibandingkan tentang saya. gitu yah?


2. Perhatikan format tulisan anda.

Tulisan yang kita tulis, pastikan hanya 1 atau dua kalimat saja, lalu lanjutkan dengan space kosong dan kemudian mulai kembali.

Coba bayangkan mana yang lebih mudah membaca tulisan ini:

Kemaren saya pergi jalan jalan ke parangtritis.

Nah disana saya banyak menemukan hal hal yang indah dan menarik loh…

Udaranya sangat sejuk, benar benar liburan yang menyenangkan…

Atau tulisan seperti ini:

Kemaren saya pergi jalan jalan ke parangtritis, Nah disana saya banyak menemukan hal hal yang indah dan menarik loh…Disana saya berenang di laut, lalu melihat pegunungan yang bagus banget. Jika sore hari hawanya sangat sejuk, jika malam dingin. Kolam renangnya di tiap kamar disediakan satu, namun, juga ada kolam umum yang lumayan besar, kira kira separuh kolam renang internasional. Villa tempat kami menginap itu juga sering diinapi oleh selebritis dan artis, seperti kemaren ada seorang perancang terkenal yang juga menginap disana. Ada 11 kamar disana, dan kemaren itu yang terpakai hanya 4 kamar saja. Nah biasanya kalau sedang suasana Lebaran atau tahun baru maka Villa akan over booked. Bla bla bla…

Jika anda membaca tulisan seperti diatas banyak-banyak, bisa bisa Anda pusing bukan? karena tidak ada jarak yang membuat orang bisa menarik nafas sebentar dan mudah dibaca.

3. Gunakan gaya seakan akan anda sedang ngobrol dengan seorang teman.

Walaupun tulisan anda akan dibaca oleh banyak orang secara online, namun anda bisa berpura pura seakan tulisan anda hanya ditujukan ke satu orang saja, yang pada kenyataannya memang demikian bukan?

Tulisan anda memang hanya akan dibaca satu orang demi satu orang setiap kalinya, jadi pastikan bicara buat satu orang itu. Kelihatan lebih personal dan friendly.

4. Jika anda menjelaskan sesuatu, anggap anda sedang berbicara ke anak usia 7 tahun.

Dengan demikian anda akan berusaha menjelaskan dengan sederhana dan lebih baik. Jangan bayangkan pembacanya adalah seorang prosefor yang sedang akan mengkuliahi anda.  supaya anda nggak gemetaran dan grogi.

Jika anda membayangkan bahwa anda hanya menjelaskan ke seorang anak usia 7 tahun, maka dijamin, anda akan lebih santai dan mudah dimengerti tulisan anda, sekalipun anda sedang menjelaskan sesuatu yang rumit.

Keep It Simple, Stuborn!

Mantap..!

5. Gunakan Format Huruf BESAR atau garis miring dan format lainnya.

Supaya mata pembaca lebih terhibur, anda bisa gunakan huruf BESAR sesekali untuk menekankan maksud anda. Atau gunakan juga: Tulisan Tebal, tulisan miring, “berikan tanda kutip”, dlsbnya.

Intinya anda tidak sedang membuat teks pidato 17 Agustusan, yang boring. Anda sedang membuat sebuah cerpen yang menghibur mereka.

Bayangkan kalau Novel Laskar Pelangi tidak dibumbui dengan kata kata indah, lucu, dan mengandai andai, maka anda akan segera tertidur setelah beberapa halaman saja.
Mantap…!

6. Beri pertanyaan-pertanyaan, Libatkan mereka.

Sudahkah anda mendapatkan maksudnya?

Bisakah anda memahami apa yang saya sampaikan? ..
Dapatkan anda membayangkan hal itu?

Gunakan pertanyaan pertanyaan yang akan membantu mereka mengerti dan terlibat dengan apa yang kita sampaikan.

7. Pastikan memeriksa ejaan dan baca ulang tulisan anda.

Kesalahan tulis yang terlalu banyak tidak dapat dimaafkan.

Nah jika anda lakukan 7 langkah diatas, niscaya anda akan menulis dengan lebih baik sehingga maksud dan tujuan anda akan sampai dengan lebih baik, dan jika itu berkaitan dengan kalimat penjualan, maka anda akan menjual lebih banyak.

Jika itu adalah email, anda akan mendapatkan bahwa email anda dibuka oleh lebih banyak orang dan selesai dibaca sampai habis. 

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Bisnis

free counters