Sunday, June 7, 2009

Sejarah blogger

Kalau tidak salah, sekitar tahun 2005 masyarakat Indonesia mulai tertarik dgn adanya blog, meskipun media ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1999. Blog adalah kependekan dari Web Log. Media ini sbetulnya merupakan sebuah diary online yg bs dibaca oleh pengguna internet lain.
Media ini, yaitu blog mulai diperkenalkan oleh Pyra Labs pd agustus 1999, dgn nama Blogger.com
Pyra Labs ini mrupakan perusahaan yg didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan.
Pd tahun 2002 program blogger akhirnya selesai disusun, dan versi beta nya dikerjakan oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey.
Salah satu perusahaan di Brazil yaitu Globo adalah perusahaan pertama yg membeli lisensi software blogger. Pd waktu itu, penduduk Brazil dpt mengakses layanan blogger dgn bahasa nya sendiri di blogger.com.br (sekarang berubah mjd blogger.globo.com). Pd tahun yg sama, majalah Fortune menganugerahi Pyra Labs sbg " Fortune's Coolest Media Company atau perusahaan media yg paling menarik di tahun 2002. Namun pd tahun 2003, perusahaan ini diambil alih oleh pihak Google.com. Pendiri dan crew Pyra Labs di tarik masuk ke dalam Google. Mereka adalah Evan William, Jason Shellen, Steve Jenson, Jason Sutter, Jason Goldman dan Rudy Winnacker. Setelah di tangan Google, beberapa fitur yg semula berbayar akhirnya digratiskan seluruhnya, bahkan pd tahun 2006, google mengadakan perubahan yg cukup besar di dalam blogger, terkait dgn desain blog yg sesuai dgn standar web terbaru, arsip individual untuk tiap artiker, komentar dan penulisan melalui email. Dan pd tahun 2007, Blogger.com mulai dijalankan sepenuhnya oleh server google.
(sumber artikel ini di dapat dari buku karangan Ridwan Sanjaya)

No comments:

Post a Comment

Rekomendasi Bisnis

free counters